Sejarah Film Dokumenter di Dunia (Bagian 2)

Era pasca Perang Dunia Kedua

Film dokumenter pada masa ini mengalami perubahan  dan jarang di putar di bioskop dan berpindah ke televisi. Sineas dokumenter senior seperti Flaherty, Vertov, dan Grierson sudah tidak produktif lagi dan muncul sineas-sineas baru. Tema dokumenter semakin meluas dan lebih spesifik, seperti ekspedisi, eksplorasi, liputan peristiwa penting.

Anne Suckdorff seorang sineas Swedia menggunalkan lensa telefoto dan kamera tersembunyi untuk merekam kehidupan satwa liar dalam filmnya yang berjudul The Great Adventure tahun 1954. Lalu beberapa seri film dokumenter kehidupan bawah laut muncul di tahun 1954 dengan judul The Silent World. Dan film lainnya yaitu Sausalito (1948), Van Gogh (1948), Blood The Beast (1948), Hotel Des Invades (1951), Sunday in Peking (1956), The Hunters (1956), Francis Thompson N.Y,N.Y (1957), dan Dead Birds (1963) terus mewarnai perkembangan film dokumenter.

Direct Cinema

Di akhir 1950-an hingga 1960-an perkembangan film dokumenter mengalami kemajuan dalam peralatan yang digunakan karena sineas telah menggunakan kamera yang ringan dan mobil serta jumlah kru yang sedikit. Para sineas juga lebih spontan dalam merekam gambar, minim menggunakan narasi dengan membiarkan objeknya yang berbicara.

Pendekatan ini dikenal dengan istilah “uncontrolled cinema” yang secara umum dikenal sebagai Direct Cinema. Tren ini muncul dibawah gerakan Neoealisme yang menyajikan keseharian yang realistik. Pendekatan ini banyak digunakan sineas asal Amerika, Kanda, dan Perancis.

Perkembangan Direct Cinema Hingga Kini

garagarafilm-Sejarah Film Dokumenter di Dunia (Bagian 2)-1

Dunia musik juga mulai didokumentasikan dan istilah yang paling populer ialah “rockumentaries” seperti Let it Be (1970) yang bercerita tentang persiapan album The Beatles dan Woodstock Three Days of Peace & Music (1970) garapan Michael Wadleigh yang menampilkan konser musik selama 3 hari yang diisi bintang rock papan atas. Hingga kini telah banyak film dokumenter yang diproduksi seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Dibaca 571 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>