Sepak Bola: Ketika David Beckham Berakting

Sepak Bola: Ketika David Beckham Berakting

Salah satu ciri khas David Beckham dalam karirnya dalam bermain sepak bola adalah tendangan bebasnya yang akurat dan kemampuannya dalam melengkungkan bola melewati banyak pagar betis lawan yang berdiri sejajar. Dan tentu, hal itu sangatlah sulit untuk dilakukan hingga nantinya bisa mencetak sebuah gol yang sangat indah. Ciri khas Becks itu pun akhirnya merambah ke salah satu budaya hiburan, yaitu film dengan produksi asal dari Inggris berjudul “Bend it Like Beckham”.

Masih ingat dengan film bergenre drama komedi ini? Pengambilan judul berbekal inspirasi tendangan bebas khas mantan pemain nasional Inggris tersebut. “Bend it Like Beckham” sendiri bercerita mengenai Jesminder Bhamra alias Jess, gadis India yang besar di sebuah daerah di Inggris dan sangat menyukai sepak bola. Namun, budaya keluarganya serta tak lepas dari persoalan jenis kelamin menghalangi Jess untuk menekuni olahraga tersebut. Ia pun lalu bersahabat dengan Juliette Paxton alias Jules, gadis Inggris tulen, dan bersama-sama membela sebuah klub sepak bola perempuan di daerah tempat mereka tinggal.

Dalam babak final sebuah kejuaraan sepak bola, Jess pun memiliki kesempatan mengambil tendangan bebas seperti yang dilakukan David Beckham dan berjasa memenangkan timnya, serta mendapat kesempatan mendapat beasiswa sekolah sepak bola. Film Bend it Like Beckham ini pun mendapat banyak pujian dari kritikus, terutama atas tema mengenai mendobrak kultur dan stereotip. Namun begitu, Beckham sendiri tak tampil dalam film tersebut.

Beckham baru tampil sebagai cameo (bintang tamu yang memerankan diri sendiri dalam sebuah film, biasanya hanya muncul sepintas) dalam film Goal II: Living the Dream, sekuel film Goal yang dirilis tahun 2007. Dalam film ini, tokoh utama Santiago Munez baru saja ditransfer ke Real Madrid dan mendapat kesempatan bermain bersama sejumlah pemain bintang Los Galacticos seperti Ronaldo, Sergio Ramos, Zinedine Zidane, Roberto Carlos, dan Beckham sendiri. Film ini ditutup dengan adegan Real Madrid bermain di final Liga Champions melawan Arsenal, dengan memastikan gelar melalui tendangan bebas khas Beckham setelah sebelumnya tertinggal 0-2. Di sinilah para pemain bintang sepak bola berkumpul bersama dalam satu film fenomenal.

Sepak Bola: Ketika David Beckham Berakting

Kedua film tersebut bisa jadi adalah satu di antara banyak lagi pengakuan dunia terhadap sosok David Beckham sebagai salah satu sepak bola terbesar yang pernah dimiliki dunia. Banyak hal akan membuat semua orang terkenang kepadanya, entah itu saat ia meraih treble bersama Manchester United, kartu merahnya di Piala Dunia 1998 saat menendang Diego Simeone, gaya rambutnya yang menjadi panutan banyak lelaki, atau status pasangan selebriti yang disandangnya bersama sang istri Victoria.  Namun, yang jelas, tendangan bebas khasnya akan selalu jadi salah satu pengingat akan sosok David Beckham.

Dibaca 524 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on RedditShare on StumbleUpon
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>