Mengupas Film Social Media : The Social Network

The Social Network, social media, Ben Mesrich, David Fincher, Mark Zuckerberg

Dunia pernah digemparkan akan sebuah situs yang dapat membuat orang memiliki banyak teman dalam waktu singkat. Sebuah situs social media yang saat ini sangat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia dengan sebutan Facebook. Sebuah buku non fiksi karangan Ben Mesrich yang berjudul The Accidental Billioners berhasil menceritakan tentang asal muasal Facebook. Buku ini mampu menarik seorang sutradara film David Fincher untuk mengangkatnya ke layar lebar sebagai film yang mampu menjadi book office pada tahun 2010.

Film dengan judul The Social Network ini diperankan oleh Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg. Film social media ini berawal dari seorang Mark yang merasa dirinya tidak cukup populer. Ia membuat sebuah situs dengan nama Facemash yang dapat menampilkan foto-foto mahasiswa Harvard. Hal ini membuat Zuckerberg menjadi sangat populer di Harvard.

The Social Network, social media, Ben Mesrich, David Fincher, Mark Zuckerberg

Dengan munculnya situs ini, Mark ditawari untuk membuat sebuah situs jejaring sosial oleh Cameron dan Tyler Winklevoss (Armie Hammer dan Josh Pence) agar dapat menghubungkan seluruh mahasiswa Harvad. Sampai akhirnya, Mark berhasil mengembangkan jejaring sosial yang ia buat menjadi Facebook seperti sekarang ini. Hal inilah memicu konflik yang dapat mempengaruhi kehidupan Mark termasuk sahabatnya sendiri Eduardo Saverin (Andrew Garfield).

Film tentang social media ini banyak menghasilkan dialog-dialog yang membuatnya memiliki alur yang cepat namun tetap penuh intrik disertai dengan kualitas acting para pemain yang menakjubkan. Film ini menjadi tidak membosankan didukung dengan adanya banyak special effect selama film berlangsung. The Social Network sebenarnya tidak hanya menceritakan kelahiran social media yang populer, namun juga menceritakan mengenai impian, ambisi, harapan, persahabatan, pengkhianatan, dan juga balas dendam.

The Social Network, social media, Ben Mesrich, David Fincher, Mark Zuckerberg

Kemunculan social media berhasil dikemas menjadi film yang sangat menarik oleh Fisher. Pemilihan para pemain yang tepat membuat film ini dapat diacungi jempol. Hanya saja untuk bagian akhir film ini terkesan biasa-biasa saja dibandingkan dengan adegan lainnya. Meski demikian, The Social Network memang layak menjadi box office pada masanya.

Dibaca 621 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>